Sabtu, 14 Februari 2009

Peresmian GDM Bagong


Pada tanggal 7 Juli 2007, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. H. Dien Syamsuddin, MA berkenan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Gedung Dakwah Muhammadiyah Bagong. Gedung yang terletak di Jalan Bagong Ginayan IV/44 Surabaya itu berlantai 2, dibangun sejak tahun 2000 yang terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama sekarang ditempati TK ABA 42 sedang lantai 2 dipakai untuk berbagai keperluan.
Penanda tanganan prasasti ini melegakan kami, warga Muhammadiyah Bagong, karena dengan demikian pak Dien mau memperhatikan pergerakan warga Muhammadiyah di tingkat terbawah. Hal ini jelas akan menambah motivasi warga Muhammadiyah dalam beraktivitas. Kelegaan kami yang lain adalah, dengan ditempelnya prasasti itu di tembok Gedung Dakwah Muhammadiyah itu akan memperjelas status gedung tersebut.

Kami berharap, prasasti ini bisa menjadi tonggak dalam mempergiat usaha-usaha dakwah Islamiah di Bagong Surabaya. Kami sepakat dengan bapak Haidar Nasir, bapak Rosyad Sholeh, dan sesepuh Muhammadiyah Ngagel bahwa ujung tombak dakwah Muhammadiyah adalah ranting. Karena di rantinglah segala fungsi pokok persyarikatan melekat. Sebut saja fungsi rekrutmen, fungsi pembinaan, fungsi perkaderan hanya bisa dilakukan secara efektif di ranting.

Oleh karena itu penguatan persyarikatan harus dimulai dari ranting. Segenap komponen persyarikatan harus turun ke ranting untuk menjalankan fungsi-fungsi pokok persyarikatan tersebut. Termasuk para pengurus di tingkat cabang, daerah maupun wilayah seharusnya terlibat aktif dalam kegiatan di rantingnya masing-masing.
Sejalan dengan pandangan diatas, maka rekrutmen kepemimpinan di tingkat cabang, daerah dan wilayah harus memperhatikan aktivitas calon pimpinan di tingkat ranting. Bila ranting di tempat domisili calon pimpinan sedang “tidak bergairah” maka sebaiknya calon pimpinan tersebut diberi tugas untuk menyehatkan rantingnya terlebih dulu. Kalau tidak, kapan kita bersungguh-sungguh dalam memperhatikan ranting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar